Sejarah



Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo didirikan bersamaan dengan pendirian Universitas Haluoleo (Unhol) swasta pada tahun 1964 oleh Yayasan Pembina dan Pembimbing Perguruan Tinggi Sulawesi Tenggara (YP3ST). Universitas Haluoleo (Unhalu) diresmikan sebagai Universitas Negeri sesuai Keputusan Presiden RI. No. 37 Tahun 1981, tanggal 19 Agusatus 1981 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, atas nama Presiden Republik Indonesia. Perkembangan Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo sejak berstatus swasta sampai dengan diresmikannya sebagai Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo Negeri dijelaskan dalam kronologis serbagai berikut:

  1. Periode tahun 1964-1966, Fakultas Pertanian berstatus terdaftar (Unhol), sesuai SK PTIT, Bori Pendidikan Swasta No. 144/E-SWT/P/66 tabnggal 22 Maret 1966.
  2. Periode 1966-1971, Fakultas Pertanian Unhol menjadi cabang Universitas Hasanuddin (Unhas). Selanjutnya dalam periode ini juga keluar SK. Rektor Unhas No. 35/UPUH/69, menyatukan Unhol dengan Universitas Sulawesi Tenggara di Bau-Bau. Dalam SK terserbut dinyatakan bahwa Fakultas pertanian tidak termasuk lagi dalam komponen Unhol
  3. Periode tahun 1972-1975, Unhol terdaftar kembali dan Fakultas Pertanian merupakan Fakultas Eksakta pertama sebagai komponen Unhol
  4. Periode tahun 1976-1981, merupakan periode perubahan status dari universitas swasta menjadi universitas negeri, dan secara resmi beralih status pada tanggal 19 Agustus 1981 yang diresmikan oleh Dirjen Dikti Prof. Dr. Dody Achdiat Tisnaamidjaja dan sekaligus melantik Bapak Prof. H. Eddy Agussalim Mokodompit, MA sebagai Rektor universitas Haluoleo yang pertama.

Fakultas Pertanian sejak berdirinya sampai dengan tahun 1993 hanya mempunyai satu jurusan dan dua program studi yaitu jurusan Budidaya Pertanian, Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian dan Program Studi Agronomi. Namun upaya membenahi diri untuk berkembang terus digalakkan, seperti: penambahan tenaga dosen dari berbagai displin ilmu, peningkatan kualitas tenaga pengajar dengan memberikan kesempatan yang luas kepada setiap dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3 baik di dalam maupun di luar negeri, serta kursus-kursus, pelatihan dan magang. Penyempurnaan kurikulum dan penambahan sarana dan prasarana penunjang seperti gedung perkuliahan, gedung perpustakaan, gedung laboratorium, alatr dan bahan praktikum, kebun percobaan, dan persawahan terus diadakan.

Pada tahun 1995 Fakultas Pertanian mempunyai tiga jurusan dengan delapan program studi dan satu program D3, yaitu Jurusan Sosek Pertanian (Program Studi : Sosial Ekonomi Pertanian, Penyuluhan dan komunikasi Pertanian), Jurusan Budidaya Pertanian (Progranm Studi : Agronomi, Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Ilmu Tanah, dan Produksi Ternak), dan Jurusan Perikanan (Program Studi : Manajemen Sumber daya Perairan, Budidaya Perairan dan Program D3 Agroindustri).

Pada tahun 2004 Program Studi Manajemen Hutan memperoleh izin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Depdiknas, berada dalam lingkup Jurusan Budidaya Pertanian. Selanjutnya pada tahun 2005 Program Studi Produksi Ternak berkembang menjadi Jurusan Produksi Ternak, dan pada tahun 2006 Jurusan Perikanan berkembang menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan secara otomatis berpisah dari Fakultas Pertanian. Pada tahun 2008 berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 163/DIKTI/Kep/2007, 28 April 1997, bahwa setiap jurusan hanya memiliki satu program studi sekaligus menjadi jurusan, maka di Fakultas Pertanian Unhalu dilakukan penyesuaian terhadap SK tersebut sehingga terjadi penggabungan beberapa program studi menjadi satu program studi sekaligus jurusan, yaitu Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian dengan Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian pada Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian digabung menjadi satu Program Studi/Jurusan yakni Program Studi/Jurusan Agribisnis, Program Studi Agronomi, IHPT, dan Ilmu Tanah pada Jurusan Budidaya Pertanian digabung menjadi satu Program Studi/Jurusan yakni Program Studi/Jurusan Agroteknologi, Program Studi Produksi Ternak berkembang menjadi Jurusan/Program Studi Peternakan hingga menjadi Fakultas Peternakan dan Program Studi Manajemen Hutan berkembang menjadi Jurusan/Program Studi Kehutanan hingga menjadi Fakultas Kehutanan Ilmu Lingkungan sampai pertengahan tahun 2009.

Seiring berjalannya waktu, hingga saat ini FP UHO memiliki 5 Jurusan/Program Studi yaitu Jurusan/Program Studi Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu Tanah, Proteksi Tanaman dan Penyuluhan Pertanian yang dibentuk berdasarkan SK Kemenristek Dikti RI No. 175/KPT/I/2016 tentang pembukaan program studi pada Universitas Halu Oleo di Kendari. Jurusan/Program Studi Agribisnis termasuk minat pemberdayaan masyarakat dan Penyuluhan Pertanian dan Jurusan/Program Studi Agroteknologi termasuk minat Ilmu Tanah dan Proteksi Tanaman telah terakreditasi A sejak tanggal 20 Mei 2016 oleh BAN-PT.

PENGUMUMAN

LOWONGAN KERJA DI PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT (PPKS) 2020

Kembali kami hadirkan informasi lowongan kerja terbaru untuk tingkat pendidikan… Baca Selengkapnya..

SELEKSI TENAGA PENDAMPING TAHUN 2018

SELEKSI TENAGA PENDAMPING PENGEMBANGAN SATUAN PEMUKIMAN DI KAWASAN TRANSMIGRASI TAHUN… Baca Selengkapnya..

PESERTA YANG DINYATAKAN LULUS SEBAGAI TENAGA PELAKSANA PENGAWALAN/PENDAMPINGAN PETANI 2017

PESERTA YANG DINYATAKAN LULUS, WAJIB MENGIKUTI PERTEMUAN:

HARI/ TANGGAL :… Baca Selengkapnya..


BERITA

AUDIT SURVEILLANCE ISO 9001:2015 FAKULTAS PERTANIAN UHO

Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo telah selesai melaksanakan kegiatan Surveillance… Baca Selengkapnya..

PENGUMUMAN LOWONGAN KERJA DI PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT (PPKS)

Kembali kami hadirkan informasi lowongan kerja terbaru untuk tingkat pendidikan… Baca Selengkapnya..

Selamat Atas Terpilihnya Prof. Dr. Ir. R. Marsuki Iswandi, M.Si sebagai Dekan Fakultas Pertanian

Jajaran Pimpinan, Staf dan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo… Baca Selengkapnya..